Kurikulum

KURIKULUM MERDEKA (DEEP LEARNING APPROACH)

Pengertian Kurikulum Merdeka adalah kurikulum nasional yang memberikan kebebasan belajar dan mengajar agar proses pembelajaran lebih bermakna, fleksibel, dan berpusat pada peserta didik. Kurikulum ini menekankan pembelajaran mendalam (Deep Learning), di mana siswa tidak hanya menghafal, tetapi memahami, menganalisis, dan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata.

Ciri Utama Kurikulum Merdeka

  • Berpusat pada peserta didik
  • Siswa aktif membangun pengetahuan
  • Guru berperan sebagai fasilitator.
  • Fleksibel dan kontekstual – disesuaikan dengan kebutuhan, minat, serta potensi siswa dan lingkungan.
    Berbasis proyek (P5) – menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan nyata dan kolaboratif.
    Materi esensial dan pembelajaran mendalam (Deep Learning) – fokus pada kompetensi utama yang dipahami secara mendalam, bukan sekadar hafalan.
    Asesmen berkelanjutan dan autentik – menilai proses berpikir, sikap, dan keterampilan siswa selama pembelajaran.
    Tujuan
    Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yaitu peserta didik yang:
    ✅ Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
    ✅ Bernalar kritis
    ✅ Kreatif
    ✅ Mandiri
    ✅ Gotong royong
    ✅ Berkebinekaan global

KURIKULUM JSIT

Kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) adalah kurikulum yang menggabungkan Kurikulum Merdeka dengan nilai-nilai Islam dan pendekatan pembelajaran mendalam (Deep Learning) untuk mewujudkan pendidikan yang menyatukan iman, ilmu, dan amal.Tujuannya membentuk Pelajar Muslim Rabbani — siswa yang berilmu, berakhlak mulia, dan berorientasi dunia–akhirat.

Ciri Khas Kurikulum JSIT

  • Integrasi iman, ilmu, dan amal
  • Setiap mata pelajaran dikaitkan dengan nilai-nilai Islam dan ayat Al-Qur’an.
  • Guru sebagai murabbi
  • Guru berperan sebagai pendidik sekaligus pembimbing akhlak dan ruhiyah siswa.
  • Lingkungan sekolah Islami – melalui pembiasaan ibadah, mentoring, tahfidz, dan budaya salam.
  • Pembelajaran berbasis ADLX (Active Deep Learner eXperience) – model pembelajaran khas JSIT yang menumbuhkan keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam melalui langkah TERPADU:
    Telaah – Eksplorasi – Rumuskan – Presentasikan – Aplikasikan – Duniawi – Ukhrowi
    Proyek P5JS (Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Muslim) – penguatan karakter dan spiritualitas melalui proyek yang menggabungkan nilai-nilai Pancasila dan Islam.